Loading...
Selasa, 19 Juni 2012

Flashing Firmware Xperia Ray

Assalamualaikum wr.wb.

Flashing hp biasanya digunakan untuk mengganti firmware, lebih singkatnya flashing firmware. Yang nggak tau flashing firmaware, gampangannya upgrade/downgrade versi android. Kalau anda ingin ganti ke ics/gb, ikuti tutor saya dengan baik.

Bahan :
1. Flashtool ( versi apa aja dan bisa di googling )
2. Firmware ICS / Firmware GB ( firmware selain itu juga bisa )
3. Kabel USB

note : tidak perlu unlocked bootloader dan root
         do with your own risk

Langkah : 
1. Pada hp, masuk setting>aplication>centang unknown source>development>centang debugging usb
2. Matikan hp
3. Pada komputer, instal flashtool.
4. Instal driver (ada di folder flashtoolnya)
5. Masukkan firmware ke dalam folder firmware, jangan lupa ekstrak. Biasanya formatnya ftf.
6. Jalankan flashtool
7. Pilih tanda petir
8. Pilih flash mode
9. Pilih firmware, centang wipe data (menghapus data hp) dan cache (menghapus partisi)

10. Pilih OK
11. Tunggu sebentar sampai ada perintah selanjutnya
12. Akan ada jendela baru menyuruh kita memasang hp. Pasangkan dalam mode flash (xperia ray tahan vol bawah lalu pasangkan usb ke kompi, lepaskan vol saat kompi mendeteksi hp)

13. Tunggu sebentar, mau ke belakang juga gak apa apa :) (siapa tau kebelet)
14. Nanti akan ada tulisan "flashing finished", berarti dah boleh dicabut. Tapi biasanya pake tulisan reboot, entah knapa punya saya tidak reboot dan nggak bakal ngaruh jadi tenang saja.
15. Nyalakan hh
16. Selamat, firmware anda sudah diganti

15 komentar:

  1. gan kalo mo gnti Baseband gmn ya gan
    jg sma ya gan
    yang langkah 9 kan ad loader.sin dll
    itu ga sah di plih ya gan
    maap bnyk tnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau ganti baseband ya jangan cent. g "exclude baseband"nya.

      Kalo loadersin dll disitu cuman daftar yang akan di flash

      Hapus
  2. jd kalo mo gnti baseband
    "exclude baseband" ga di centang ya gan
    wipe data di cntang
    gtu kan gan
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wipe data sama saja kayak factory reset, jadi nggak dicentang juga nggak apa-apa. Tapi kalo menurut pengalaman saya p kalo nggak di wipe data jadinya nggak sempurna, banyak lagnya

      Hapus
  3. gimana kalo dalam keadaan bootlooping,bisa digunakan ya gan caranya ??

    BalasHapus
  4. gan kok pas milih firmware ga ada option wipe data dll nya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat screenshot no.9. Kalau masih nggak ada mungkin karena flashtool ane versi lama.

      Hapus
    2. gan,ini kenapa ya?
      mau oprek xpria ray punya temen ane
      gan ini kenapa ya:

      [IMG]http://i.imgur.com/5WYTt7K.png[/IMG]

      padahal ane dah install driver diflashtool nya..

      Hapus
  5. gan,ini kenapa ya?
    mau oprek xpria ray punya temen ane
    gan ini kenapa ya:

    [IMG]http://i.imgur.com/5WYTt7K.png[/IMG]

    padahal ane dah install driver diflashtool nya..

    BalasHapus
  6. ada linknya Flashtool kagak gan? Ane butuh nih.. ;-( makasih sebelumnya :-)

    BalasHapus
  7. Sangat membantu terima kasih gan

    BalasHapus
  8. gan kalo keadaan bootloop sony xperia ane kok gak kedetect ma kompi ya?? knp gan? mgkn bs bantu biar bs ke detect kompi... ne hp ane sblm bootloop usb debug blm aktf gan.. mw flash jd gk bs gan

    BalasHapus
  9. ini bisa ngatasi blang saat buka kunci g gan??
    masalahnya X-Ray q kalo buka kuci sering nge-hang, layar cuma nyala item, perlu d tekan power berulang" baru bisa

    BalasHapus

 
TOP