Loading...
Senin, 29 Oktober 2012

Root Xperia Ray ICS 4.1.b.0.587

Assalamualaikum wr.wb

Mungkin beberapa dari kalian sudah update firmware ke ics .587 tapi tidak mengerti cara mengrootnya. Kali ini saya akan memberi tahu cara merootnya. Do With Your Own Risk!

Bahan:
- Firmware ICS .587 (jika firmware sudah .587 maka tidak perlu download firmwarenya lagi)(untuk cara flashing lihat di kategori oprek-oprek)
- Kernel 1 dan 2 
- Flashtool 
- Driver Xperia Ray (instal lewat flashtool/driver)
- DooMLoRD_v1_Xperia-2011-ICS-ROOT-emu-busybox-su 

Sebelum di colokkan ke kompi:
- Settings > Security > centang "Unknown sources"
- Settings > Developer options > centang “USB debugging”
- Settings > Xperia > connectivity > USB connection mode > pilih “MSC mode”

Langkah:


1. Jalankan FlashTool
2. Pilih Logo Flash
3. Pilih Flashmode
4. Pilih file kernel1, centang “No Final Verification”. 
5. Matikan XRay, tahan tombol “Volume down“ kemudian colokkan USB sampai led hijau menyala tunggu sebentar sampe selesai. Lepas usb, nyalakan.
6. Buka “DooMLoRD_v1_Xperia-2011-ICS-ROOT-emu-busybox-su yg sudah di extrak (matikan flashtool), sambung kembali usb terus jalankan "runme.bat" ikuti perintahnya. Xray akan reboot sampai selesai
7. Jalankan flashtool lagi ulangi cara "1" tapi pilih file kernel yg ke-2

good luck :D

Credit to Yudhie Kusuma
Original post    

57 komentar:

  1. Settings > Security > centang "Unknown sources"
    Settings > Developer options > centang “USB debugging”

    dimana ya mster kog ane ga ad yg itu
    dlo di ics ad skrng ane pke ro7 ga ad
    bingung
    hehehe

    BalasHapus
  2. gan karnel 1 dan 2 trus gmn lg ya
    muup newbi :D

    BalasHapus
  3. mas khrisna klo instal cwm 587 pake cara yg di blog bsa ga ?

    BalasHapus
  4. @Nurhan : settingan yang dimaksud hanya ada di ics dan jb. Setelah stock kernel diganti kernel 1, kita melakukan root pada hp kita, lalu kernel 1 kita ganti kernel 2, kernel 2 yang dimaksud adalah stock kernel tanpa rom. Kalo cwmnya belum saya coba karena saya sudah ubl sehingga saya tinggal ganti kernel yang sudah include cwm.

    BalasHapus
  5. owh gtu toh
    owh ya gan
    Driver Xperia Ray mksudnya driver yg di flashtool bkn gan

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Saya baru saja download dan nyobain stock fwnya. Nggak ada masalah kok. Downloadnya pake apa?

      Hapus
  7. pake idm gan
    ane ekstark pas 100 % corup
    tak coba dnlot lg dah
    stok 587 ini sma yg lain sma ya gan
    :D

    BalasHapus
  8. owh ya gan
    gimana buat ngegame ngelag ga gan
    denger2 sih lancar
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya download dari browser bisa kok. Kalo perbedaan masih belum kelihatan.

      Hapus
  9. Mas request kingdom & lord ama the sim freeplay
    Hehehe,
    Ngarep

    BalasHapus
  10. Mas '' no instal vertifikasi '' dmn mas
    Apa gagal karna itu ya
    Ga aq centang ama ga tau tmpt'a
    :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk beberapa versi memang nggak ada pilihan itu. Tapi nggak ngaruh kok. Saya sendiri yang nyoba

      Hapus
  11. yes !
    thx mas bro
    gue berhasil ...
    tapi abis itu di apakan lagi ya mas
    soalnya saya belum paham benar apa kegunaan root itu
    tolong dijelaskan secara mendalam ya mas

    BalasHapus
  12. hore,,, berhasil... matur thank u nggeh mas,,,
    tapi bingung e,,, setelah root mau ngapain lagi,, UBL apa instal CWM dulu??? gmn mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kebutuhan. Kalau mau make cusrom yang benar2 ajib ya ubl dulu. Kalau masih takut gagal ubl ya instal CWM dulu.

      Hapus
    2. ok,,, tapi akhirnya aku kemarin langsung UBL mas, dan berhasil juga,,, sekarang bisa ga mas ya, instal rom tanpa CWM??? kalo bs caranya gmn mas ya?

      Hapus
    3. Kalo tanpa cwm setau saya nggak bisa kecuali buat official rom. Kalau sudah ubl lebih praktis pasang custom kernel dulu karena custom kernel biasanya sudah include cwm.

      Hapus
    4. ada tutornya ga mas disini buat nginstal custom karnel??
      bedanya dengan custom biasa apa ya custom karnel tu??

      Hapus
    5. Untuk tutornya saya belum buat. Bedanya custom kernel bisa dioverclock dan kinerja hp meningkat.

      Hapus
  13. hehehe,,, dijelaskan dlu mas,,, saya masih sangat newbie ne,,, overclock tu pengertian dan gunanya apa???

    ini lagi mas,,, kalo kita mau ngubah2 icon, status bar, widget, font, tapi pake cara manual, itu dimana mas ya? saya kemarin pake rom toolbox tapi kq kayaknya tambah berat kinerja hpnya,,,
    thanks jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Overclock itu untuk memaksa kinerja hp lebih tinggi. Kalau mau mengganti icon dan sebagainya bisa diganti melalui framework-res.apk, tapi jika coba2 ganti sembarangan bisa menyebabkan bootloop.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap komennya kehapus, padahal ane nggak buka kompi jam segituan

      Hapus
  15. setelah selesai langkah ke 2 kok bootloop ga tampil SONY yach? tak ulang beberap kali ga bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba centang "usb debugging" di setting>developers option

      Hapus
  16. gan napa saat runme berjalan sesuai perintah adb out of date mulu ya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya agak lupa ada kata "adb out of date" atau nggak. Tapi, menurut pengalaman saya saat mencoba selalu gagal karena flashtoolnya masih terbuka. Jadi, coba cek apakah flashtoolnya masih terbuka atau tidak.

      Hapus
  17. ternyata ada driver yg lum ane isntal gal,,, stelah adb dowload baru dah lancar jaya.... makasi gan info,,, oh iya,,, ni kan dah root di ics 587 dan dah ane instal xrecovery...saran rom dunk.... ane kasi rom urushi kok bootlop ya....

    BalasHapus
  18. gan tanya donk..masalah LED notifikasi di RAY di ICS 4.0.4 gak ada solusinya ya?
    kalau bisa sih yang tanpa root2 gitu..
    mksh :)

    BalasHapus
  19. gan ane sebelumnya udah pake cara test point, berhasil tapi pas ane pake flashtool buat flash kernel ga bisa.... gimana nih gan? apa harus flash ulang firmware?

    BalasHapus
  20. @smartphone lovers : Maksudnya cm? kalo memang cm saya juga nggak pernah bisa. Sudah factory reset belum?
    @ Anonim : Kalo rom masih stock mungkin masalah hardwarenya karena setau saya led nggak kerja cuma di beberapa cusrom.
    @ Root ICS : Karena kernelnya beda mungkin nggak bisa. Coba cari kernelnya yang pas sama hapenya.
    @ ellyne-pain(c) : Kalau sudah unlock bootloader mending langsung ganti rom dan kernelnya. Gak usah pakai root juga bisa. Tapi kalau memang mau stock, coba flash beberapa kali karena biasanya yang pertama kali gagal. Atau pakai tutor root yang firmware .431 tapi firmware icsnya diganti .578, tapi saya belum coba jadi nggak tau bisa atau nggak.

    BalasHapus
  21. gan ada email lo apa ?

    ada no whatsapp ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. stingkyfly@gmail.com
      tapi saya jarang sekali buka internet, ujian sudah dekat. Bahkan update blognya mungkin april akhir.

      Hapus
  22. gan ane kok pas pilih kernel 1 trus di oke langsung muncul perintah untuk mencolok hp ke kompi,trus ane colok usbnya ke kompi sambil nekan tombol volume down sampe hp warna ijo, tp kok di flashtoolnya error ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake flashtool biasanya pertama kali dapet error.

      Hapus
  23. gan doomlord nya gak bisa di download......?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap gan, foldernya di kompi saya sudah dihapus. Nanti saya cari lagi.

      Hapus
    2. Sudah di fix gan. Silahkan dicoba. Saya dapat dari grup facebook [Official] Sony Ericsson™ Xperia Ray ST18i Indonesia™.

      Hapus
  24. gan ane udh jalanin semua tapi kok ga ada super usernya

    BalasHapus
  25. gan, ini unlock bootloader apa bootloader aja ? ane pengen yang bootloader aja gan

    BalasHapus
  26. ane ga ngerti cara gituinnya <<< abis volume down teken terus kah?

    BalasHapus
  27. eror terus -_- mas gimana nih T_T

    BalasHapus
  28. kernel 1 ama 2 nya ga bisa gan, pas download trus ane extract yg keluar cuma file kernel, ga ada yg lain, gmn tuh gan??

    BalasHapus

 
TOP