Loading...
Minggu, 05 Mei 2013

Fastboot & Ganti Custom Kernel (Ralat)

Assalamualaikum wr.wb

Sebentar lagi bulan ujian akan tiba jadi saya akan super duper sibuk untuk belajar. Karena itu selagi bisa saya akan membahas tentang fasboot bagi orang awam atau pemula seperti saya. Meskipun judulnya fastboot, saya tidak tau apa definisi dari fastboot itu sendiri (maap o'od). Tapi besar fungsinya untuk xperia ray antara lain untuk mengganti kernel dan mengunlock bootloader. Tapi fastboot tidak ada di kompi secara default, jadi anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Bahkan setelah anda mendownloadnya anda harus menginstal drivernya agar hh kita dapat dikenali saat memasuki fastboot mode.
update: maaf, ternyata tutor saya ada yang kurang. sekarang sudah saya lengkapi.



- DOWNLOAD -
file fastboot dan drivernya (fastboot juga bisa untuk ganti kernel), setelah didownload ekstrak filenya
untuk pengguna windows xp install aplikasi ini

- CARA INSTALL FASTBOOT & DRIVER -

1. Donwload bahan diatas
2. Ekstrak hasil downloadnya.
Akan ada dua folder, yang satu folder fastboot yang satunya lagi drivernya
3. Sambungkan hh agan lewat usb
4. Komputer akan mengenali device agan lalu agan akan diminta memasang driver, pilih yang anvanced (lihat gambar)
 5. Centang seperti yang ada di gambar, browse lalu pilih folder driver yang ada di dalam folder kernel


6. Tinggal di next2 aja
7. Cabut hp lalu matikan
8. Tahan volume up lalu sambungkan ke lepi, setelah led biru menyala lepas tombol volumenya
9. Anda akan disuruh instal driver lagi, lakukan saja sama seperti di atas.
10. Setelah langkah 5 dilakukan lalu next, computer akan mencari driver. Nanti ada 2 driver. Pilih yang android bootloader interface.

11. Tinggal di next, tunggu install sampai selesai,finish.

untuk ngeceknya
1. -Windows XP: klik kanan pada folder fastboot, lalu pilih "open comand window here"
    -Windows 7 : buka folder fastboot, tahan tombol shift lalu klik kanan pada ruang kosong
, lalu pilih "open comand window here" 
2. Masukkan fastboot.exe -i 0x0fce getvar version, jika ada respon angka (seperti "0.3") maka hh agan telah tersambung

- CARA  GANTI KERNEL -

1. Download dulu custom kernel yang diinginkan, pastikan kernel tersebut cocok dengan hh dan rom agan
2. Copy kernel tersebut ke dalam folder fastboot
3. Rename kernel tersebut menjadi "boot.img"
4. Matikan hh agan, tahan volume up lalu sambungkan hh agan melalui kabel usb
5. -Windows XP : klik kanan pada folder fastboot, lalu pilih "open comand window here"
    -Windows 7 : buka folder fastboot, tahan tombol shift lalu klik kanan pada ruang kosong
, lalu pilih "open comand window here" 

6. Ketik "fastboot flash boot boot.img" tanpa tanda petik 
7. Tunggu beberapa saat, nanti akan ada tulisan bahwa flashing sudah selesai
8. Keluar dari jendela perintah, lepas sambungan usb pada hh
9. Nyalakan hh agan dan nikmati perbedaannya   

24 komentar:

  1. mas,,, untuk tutorial cara instal fastboot dan drivernya waktu saya colokin hh ke kompi,,, ga ada permintaan pemasangan driver ya???

    trus untuk tutorial yang ini "pilih yang filebarusandidownload/usb_driver/android/winusb" itu di file drivernya apa folder fastbotnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. -Kalau nggak ada mungkin drivernya sudah terpasang.
      -Pilih yang folder drivernya.

      Hapus
  2. mas... kernel itu file nya .img yak???? bner nggak.. heheh.. makasiii

    BalasHapus
  3. gan nama kernel ane kok gak sirkay ya?
    padalah ane udah ganti kernel sesuai perintah,masih bawaan xperia tuh namanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sirkay beberapa kernelnya (atau semuanya?) memang masih pakai nama sony. Coba dulu yang lain, misalnya doomlord.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. berapa menit sih gan nunggu nya? kok ane masih stuck di sending "boot.img" ya? udah 10 menit lebih nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya hitungan detik. mungkin ada langkah2 yang tertinggal atau belum unlock bootloader.

      Hapus
  6. file fastbootnya gak bisa didonlot..

    BalasHapus
  7. Bang, kalo udah di install fastboot drivers nya ga bisa di uninstall? Soalnya ane salah masukin driversnya bang

    BalasHapus
  8. gan bukan nya fastboot itu udah ada di flashtool?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dengar juga gitu, tapi saya coba pasang custom kernel nggak bisa.

      Hapus
  9. brarti kalo mau ganti kernel harus uda UBL yaa ??

    BalasHapus
  10. gan sblum install custom kernel, pake stock rom dulu apa custom rom.
    mohon instruksinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah stock atau custom rom nggak penting gan. Yang penting sudah ubl.

      Hapus
  11. kok ngg bsa d downlolad linkx gan??

    BalasHapus
  12. donlod kernel dmn gan,pnya ane sony ericsson experia ray

    BalasHapus
  13. gan ane pake experia sola.. abis flash kernel ngikut cara agan sukses
    tapi pas ane nyalain hh nya malah gak mau nyala sama skali.. mucnul logo juga nggak..
    jadi gimana tuh gan??

    BalasHapus

 
TOP