Loading...
Minggu, 11 November 2012

Root Android

Assalamualaikm wr.wb.

Android sudah berkembang cukup cepat dikarenakan osnya yang mempunyai fasilitas yang memuaskan dan mudah digunakan. Tetapi banyak orang tidak tau bahwa android mereka memiliki potensi yang lebih besar daripada yang mereka tau.
Salah satu dasar yang diperlukan untuk mengeluarkan potensi tersebut adalah dengan rooting.


Pengertian

Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat memanipulasi data yang  terdapat pada sistem android.

Kelebihan

1. Dapat Menginstall Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi yang membutuhkan akses root yang paling banyak diinstall: 

-App2Card dan Link2SD: Dengan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan semua aplikasi ke SD Card. Pada umumnya, para pengguna Android melakukan root untuk menginstall aplikasi ini. 

-Titanium Backup: Aplikasi ini berguna untuk membackup semua aplikasi yang terinstall. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini dapat juga mem-back up data-data aplikasi seperti pengaturan (setting-an), dll.

2. Dapat menginstall custom ROM

Apa itu custom ROM? Custom ROM adalah sistem operasi Android kustom (alternatif) atau bukan buatan vendor ponsel. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi Android. Catatan: dengan melakukan root bukan berarti Anda dapat langsung melakukan instalasi Custom ROM, namun kebanyakan handphone Android membutuhkan akses root bila ingin diinstall custom ROM.

3. Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja ponsel.

Misalnya adalah overclock processor. Dengan melakukan overclock, processor dapat “dipaksa” kerja lebih cepat dari kecepatan bawaannya yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kinerja ponsel. Namun demikian, overclock dapat memperpendek usia processor, membuat baterai lebih boros dan cepat panas dan juga ada kemungkinan menyebabkan sistem menjadi tidak stabil.

4.  Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik

Kekurangan

1. Dapat menghilangkan garansi handphone.

Kalau yang ini sepertinya tidak perlu dijelaskan.

2. Masalah keamanan.


Karena kita membuka sistem, membuat sistem itu sendiri lebih mudah dimasuki virus. "Lebih mudah" berarti tanpa di rootpun virus masih dapat masuk ke sistem.

Kesimpulan

Root digunakan untuk memasuki sistem pada android. Dengan proses root kita mendapat kuasa/kontrol penuh pada hp kita. Tetapi jika kita tidak hati-hati maka akan ada file yang penting terhapus dan membuat hp kita menjadi rusak. Jadi pikirkan baik-baik sebelum kita melakukan root dan banyak bertanyalah agar tidak sesat di jalan :D 

1 komentar:

 
TOP